PT JIAEC

June 12, 2019 10:49 am Ditulis oleh Comments Off on PT JIAEC

Profil Singkat Program Pemagangan ke Jepang JIAEC

  • Japan Indonesian Economic Center (PT. JIAEC) merupakan Organisasi Pengirim untuk Program Pemagangan ke Jepang yang berdiri sejak tahun 2001. Bekerjasama dengan Organisasi Penerima Japan Indonesia Assotiation For Economy Cooperation (JIAEC) yang berdiri tahun 1971 di Jepang dan memiliki kerjasama dengan perusahaan penerima bidang otomotif, perkapalan, kereta api, konstruksi, elektronika, listrik (level oprator dari SMK) serta Rumah Sakit dan Graha Senior  (untuk careworker dari D3/D4/S1/Ns Keperawatan & Kebidanan).
  • JIAEC memiliki izin legalitas dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI – Dirjen Pembinaan Pelatihan dan produktifitas, yang terbaru No: Kep. 294/LATTAS/X/2017 Tanggal 31 Oktober 2017 diperpanjngan setiap 3 tahun, dan memiliki legalitas PMA Jepang dengan ijin Usaha Tetap dari BKPM Nomor: 563/T/Perdagangan/Perhubungan/2005.
  • Kantor utama PT. JIAEC di Kota Depok (Jawa Barat) dan memiliki dua kantor operasional di Yogyakarta dan Surabaya. Rekapitulasi jumlah Trainee dari tahun 2016 – 2018 :
No Tahun Keberangkatan Jumlah Trainee ( orang ) Jumlah Perusahaan Penerima
1 2016 1257 253
2 2017 1350 287
3 2018 1591 296

Pada bulan April 2019, Trainee PT. JIAEC di Jepang mencapai 4.124 orang, hal ini dapat terjadi salah satunya karena ada komitmen kami dalam menjaga hubungan baik dengan 313 SMK mitra. Sejak November 2017, Undang-undang ketenagakerjaan di Jepang memberikan kesempatan untuk adanya program magang (P to P)  di bidang kesehatan (Careworker) yakni Graha Senior untuk lansia dan Rumah Sakit.

  • Program Pemagangan Careworker merupakan program magang yang dikhususkan untuk lulusan D3/D4/S1/Profesi Keperawatan dan Kebidanan yang memiliki minat untuk magang mengurus lansia di Jepang selama 3 Tahun. Careworker yang mengikuti pelatihan di PT JIAEC di buka sejak Februari 2018 dan keberangkatan pertama pada November 2018, saat ini rutin setiap bulan PT. JIAEC membuka kelas untuk pelatihan Program Pemagangan Careworker.
  • Proses yang dilakukan di PT. JIAEC untuk Careworker meliputi beberapa tahapan, diantaranya :
  1. Seleksi : pelaksanaan seleksi di kampus yang disesuaikan dengan kalender akademik, kegiatan jobfair atau career days. Adapun prosesnya meliputi tes tertulis, tes interview dan medical test (pemeriksaan kesehatan)
  2. Pelatihan (training) : Pelatihan Dasar (6 bulan) dan Pelatihan Lanjutan (2 bulan). Masa Pelatihan ini menggunakan sistem asrama yang disediakan oleh PT. JIAEC dan pembiayaan untuk kebutuhan sehari-hari ditanggung pribadi seperti untuk makan, asrama, dan keperluan pribadi (Terlampir di lembar print out powerpoint). Biaya Pelatihan dan Persiapan Keberangkatan melalui kredit KUR BNI.
  3. Pengurusan dokumen- dokumen keberangkatan.
  4. Matching atau penempatan untuk seluruh siswa calon Careworker yang sedang mengikuti pelatihan serta lulus ujian bahasa Jepang JLPT N4 atau Nat Test 4Q.
  5. Pelatihan teknis di Narita Training Center JIAEC Jepang selama 1 bulan dengan biaya hidup ditanggung oleh perusahaan penerima di Jepang.
  6. Siswa Program Pemagangan Careworker memasuki aktifitas kerja di Rumah Sakit atau Graha Senior dengan tempat tinggal dan fasilitas disiapkan oleh perusahaan penerima. Siswa Program Pemagangan Careworker mengikuti ujian kompetensi keperawatan lansia standar di Jepang serta ujian kompetensi kemampuan bahasa Jepang.

Referensi :

http://binalattas.kemnaker.go.id/

www.jiaec.co.id

http://jiaec.co.id/program-pemagangan-perawat-kaigo-careworker/?preview=true

https://www.youtube.com/watch?v=eb1UnQtQ7a4

 

(1396)


Kategori:

Comments are closed here.